Jangan Lupakan Makanan Tradisional Ini

Clorot

Clorot berbentuk panjang berwarna cokelat dilapisi dengan daun kelapa muda. Teksturnya kenyal dan lembek, ketika dimakan rasanya manis. Clorot masih bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual berbagai kue basah. Kebanyakan mengira kalau makan clorot dari atas dengan cara membuka bungkusan tapi ternyata clorot dimakan dengan cara ditusuk dari bawah. Unik, ya?

Getuk

Kudapan yang gurih dan legit ini biasa dijajakan dengan gerobak dorong. Toa yang berada di atas gerobak mengeluarkan lagu dangdut menjadi ciri khas penjual getuk. Getuk dibagi menjadi 2 jenis yaitu getuk biasa dan getuk lindri. Getuk biasa terbuat dari tumbukan singkong rebus atau kukus, gula merah dan diberi parutan kelapa. Sedangkan getuk lindri  diberi sedikit pewarna makanan. Kini, penjual getuk sudah jarang ditemukan meskipun masih ada di beberapa pasar tradisional.

Madumongso

Kue manis nan legit yang dibungkus dengan kertas roti warna-warni ini biasanya menjadi suguhan saat hajatan. Asli Jawa Timur, madumongso terbuat dari ketan hitam yang telah di fermentasikan lalu di campur dengan santan dan gula kelapa. Memasaknya pun harus delapan jam agar tahan lama setelah harus menunggu seharian terlebih dahulu baru bisa di bungkus. Rasa yang dihasilkan pun sebanding dengan proses pembuatannya. Lezat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *