Hampir Punah, Makanan Tradisional ini Tetap digemari!

Ditengah maraknya makanan kekinian ternyata makanan yang pernah hitz pada zamannya dulu tetap dicari dan masih dinikmati, loh. Meskipun jarang namun makanan ini masih bisa ditemui di beberapa tempat. Makanan apa aja sih itu? Ini daftarnya

Kue Rangi

Kue Rangi ada singkatannya loh yaitu kue digarang makin wangi. Biasanya kue rangi dijual dengan gerobak keliling. kue rangi terbuat dari sagu dan kelapa muda yang telah diparut ini dibakar menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan rasa legit. Setelah hampir kecoklatan, kue rangi dilapisi dengan campuran gula merah, tepung hunkwe, dan sagu. Gigitan pertama akan menghasilkan rasa yang gurih dan manis, gigitan kedua dan seterusnya akan bikin kamu ketagihan. Cobain deh…

Bubur Sumsum

Bubur diaduk atau engga bukan jadi masalah untuk bubur sumsum. Diracik dari tepung beras dan santan lalu disiram dengan gula merah menghasilkan tekstur yang lembut dan gurih. Candil pun menjadi pilihan untuk mendampingi bubur sumsum. Tak jarang, walaupun sulit ditemui namun penggemar bubur sumsum tetap ramai, loh. Sarapan maupun acara di momen tertentu bubur sumsum selalu dinanti.

Kue Lupis

Rasa legit dari kue berwarna hijau ini memang sangat khas. Ditaburi dengan parutan kelapa dan lumuran gula merah, kue lupis tetap dicari. Kamu masih masih bisa menemui kue lapis di pasar tradisional

Jangan Lupakan Makanan Tradisional Ini

Clorot

Clorot berbentuk panjang berwarna cokelat dilapisi dengan daun kelapa muda. Teksturnya kenyal dan lembek, ketika dimakan rasanya manis. Clorot masih bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual berbagai kue basah. Kebanyakan mengira kalau makan clorot dari atas dengan cara membuka bungkusan tapi ternyata clorot dimakan dengan cara ditusuk dari bawah. Unik, ya?

Getuk

Kudapan yang gurih dan legit ini biasa dijajakan dengan gerobak dorong. Toa yang berada di atas gerobak mengeluarkan lagu dangdut menjadi ciri khas penjual getuk. Getuk dibagi menjadi 2 jenis yaitu getuk biasa dan getuk lindri. Getuk biasa terbuat dari tumbukan singkong rebus atau kukus, gula merah dan diberi parutan kelapa. Sedangkan getuk lindri  diberi sedikit pewarna makanan. Kini, penjual getuk sudah jarang ditemukan meskipun masih ada di beberapa pasar tradisional.

Madumongso

Kue manis nan legit yang dibungkus dengan kertas roti warna-warni ini biasanya menjadi suguhan saat hajatan. Asli Jawa Timur, madumongso terbuat dari ketan hitam yang telah di fermentasikan lalu di campur dengan santan dan gula kelapa. Memasaknya pun harus delapan jam agar tahan lama setelah harus menunggu seharian terlebih dahulu baru bisa di bungkus. Rasa yang dihasilkan pun sebanding dengan proses pembuatannya. Lezat! 

Olahan Tahu Bikin Kamu Pengen Tahu

Indonesia tidak pernah habis dengan kuliner. Begitu kayanya kuliner nusantara dari Sabang hingga Merauke. Satu bahan pokok bisa menjadi beragam makanan yang lezat. Salah satunya adalah tahu. Makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai ini tidak hanya sekadar digoreng lalu dimakan namun bisa dijadikan kreasi lain yang tak kalah lezat. Mau coba? Kulik dulu referensi nya, nih!

Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon yang sudah jarang ditemui ini memang paling T.O.P B.G.T. Potongan tahu goreng ditaruh pada piring tembikar dan disiram dengan kuah gula, bawang putih dan merah serta cabai ini menghasilkan rasa asam, manis, gurih, pedas. Kamu akan merasakan sensasi makan tahu dengan bumbu yang meresap sekali. Sedap!

Tahu Petis

Tahu goreng yang diolesi petis pada bagian tengah ini merupakan makanan khas Semarang. Selai berwarna hitam yang terbuat dari udang inilah yang dinamakan petis. Rasanya manis dan gurih berpadu menjadi satu ditambah dengan cabe rawit bakal bikin sangat ketagihan. Kalau sedang lapar, tahu petis bisa kamu makan dengan nasi loh! Anak kosan banget, ya!

Tahu Bakso

Rasakan keistimewaan makan tahu yang diisi dengan bakso menjadi satu. Biasa dijadikan oleh-oleh, tahu bakso mudah kamu temukan di daerah Semarang. Hanya perlu di goreng dengan balutan tepung, tahu bakso siap kamu nikmati sebagai camilan siang hari. Kenyang! Coba saja makan 5 tahu bakso sekali waktu. Dijamin ngerujak pun enggan saking kenyangnya!

3 Bakmi Dengan Topping Menggoda

Bakmi menjadi andalan santapan pengganti nasi. Pecinta kuliner, bakmi harus jadi menu wajib untuk dicoba. Meskipun rata-rata bakmi bentuknya sama namun rasa yang dihasilkan pasti berbeda. Mulai dari kekenyalan bakmi hingga kuah setiap bakmi mempunyai cita rasa yang khas. Biasanya bakmi disajikan dengan ayam cincang sebagai pelengkap bakmi adalah ayam cincang. Nah kali ini bakmi dengan berbagai varian bisa kamu cicipi. Berikut 3 list bakmi dengan berbagai topping yang menggoda!

Bakmi Ayam Kampung Alex

Pecinta bakmi harus cobain bakmi ayam kampung Alex. Berlokasi di Kebun Jeruk, bakmi ayam kampung alex mempunyai berbagai menu istimewa. Salah satunya adalah Bakmi Super Spesial. Dengan merogoh kocek Rp. 75.000/porsi kamu akan mendapatkan bakmi dengan toping ayam kampung, pangsit rebus, baso sapi, daging sengkel dan baso goreng. Dagingnya gurih, bakmie nya lembut dan kuahnya segar sekali. Sekali coba pasti kamu akan ketagihan. Ngga percaya? Cobain saja sendiri ya!

Bakmi Tasik

Bakmi dengan toping daging ayam sudah biasa. Yang ngga biasa adalah bakmi dengan topping babat sapi. Kamu bisa menemukan bakmi tersebut di Bakmi Tasik Ramawangun. Bakminya lurus dan agak sedikit pipih, rasa bumbunya gurih asin disertai babat kenyal akan semakin nikmat disantap dengan sambal bawang. Harga seporsi bakmi babat hanya Rp 30.000. Murah, enak dan komplit jadi satu paket! Puas deh..

Bakmi Benteng

Hanya di Bakmi Benteng kamu bisa menyantap semangkuk bakmi dengan 5 mix topping sekaligus. Kamu bisa memilih topping ayam cincang, ayam crispy, babi cincang, babi chasiu, dan babi panggang. Jenis bakmi yang digunakan adalah bakmi bakut. Tekstur bakmi sempurna yang direbus dengan tingkat kematangan yang pas ditambah juga pengolahan bumbu yang sangat sesuai menjadikan bakmi benteng nikmat. Berada di Jalan Kopyor Kelapa Gading bakmi benteng dihargai sekitar Rp 28.000 hingga Rp 38.000. Komplit dan terjangkau!